122 Mahasiswa PSKGDJ Asal Flores Timur Diwisuda di IKIP Mataram



(Kepala Dinas PKO Flores Timur, Drs. Bernadus Beda keda, M.AP saat memberikan sambutan pada Acara Wisuda di IKIP Mataram, 12 Desember 2018)


Sebanyak 122 (Seratus Dua Puluh Dua) Mahasiswa Program Sarjana Kependidikan Guru Dalam Jabatan (PSKGDJ) asal Larantuka Kabupaten Flores Timur, Lembata Nusa Tenggara Timur, diwisuda pada 12 Desember 2018 di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan  (IKIP) Mataram. IKIP Mataram adalah Perguruan Tinggi yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Flores Timur, dalam hal ini Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Flores Timur untuk memberikan kuliah jarak jauh, kepada guru Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) yang belum sarjana.
Selain mahasiswa dari Kabupaten Flores Timur, turut diwisuda Mahasiswa Regular FPOK sebanyak 137 orang, Program Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 158 orang, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA ( FPMIPA)121 orang, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) 98 orang terdiri dari  jen jang S1 96 orang dan jenjang S2 dua orang.
“Ada 64 orang lulus dengan predikat cumlaude dengan peraih IPK Tertinggi atas nama Hifzani Nurwanti dari program Studi Pendidikan Kimia dengan IPK 3,84. Sementara IPK tertinggi, Mahasiswa Program Sarjana Kependidikan Guru Dalam Jabatan (PSKGDJ) Larantuka Kabupaten Flores Timur, diraih oleh saudara Yohanes Kopong Uban meraih nilai terbaik 3.36, kata ketua Panitia Wisuda Ni Ketut Alit Suarti.
            Rektor IKIP Mataram Prof Kusno pada kesempatan itu, menyampaikan pentingnya kesiapan insan akademik dalam menghadapi perkembangan kebutuhan pendidikan  dimasa depan  sesuai dengan revolusi industri 4.0. “Guru menjadi garda terdepan menghadapi perkembangan teknologi, informasi dan industri dewasa ini. Guru mesti mengambil peran menghadapi tantangan perubahan dewasa ini,”kata Profesor Kusno.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Flores Timur, Drs. Bernadus Beda Keda,M.AP menyampaikan penghargaan kepada IKIP Mataram yang bersedia bekerjasama dalam membantu peningkatan kualitas guru olahraga di Flores Timur melalui Program Sarjana Kerpendidikan Guru dalam Jabatan (PSKGDJ). “Tercatat 111 guru olahraga dari kabupaten Flores Timur di tambah 11 guru dari Kabupaten Lembata mendapat gelar sarjana. Perjuangan hingga mencapai titik hari ini tidaklah muda. Bermula dari komunikasi dengan pihak Undana Kupang, namun Undana tidak menerima Mahasiswa PJOK. Bersama Sekretaris Dinas PKO, Diston Fernandez kala itu, kemudian membangun kerja sama dengan IKIP Mataram. Puji Tuhan, perjuangan diterima dan hari ini, kita bisa “menyelamatkan” 122 guru Flores Timur dan Lembata meraih gelar sarjan. Ini adalah cita –cita dan impian kita bersama. Dengan momentum hari ini, ke depannya guru Penjas di Flores Timur  tidak banyak terkendala dalam urusan profesi dan kesehjateraanya,”kata Bernad Beda. 

            Bupati Flores Timur dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas PKO Kabupaten Flores Timur, mengatakan Visi Kabupaten Flores Timur adalah Menjadikan Flores Timur Sejathera Dalam Bingkai Desa Membangun Kota Menata dengan misi pertama pertamanya, Selamatkan Orang Muda Flores Timur. Misi ini memberikan prioritas utama dalam peningkatan kualitas dan kapasitas generasi muda melalui dunia pendidikan. Dipertegaskan lagi, predikat sarjana yang diraih, tidak menjadikan kita tinggi hati, tetapi dengan bekal ilmu yang didapat tunjukan lewat pengabdian dan karya nyata demi kemajuan kehidupan masyarakat dimana saja berada,”kata Bupati Flotim dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dinas PKO Flotim.
Tuntas sudah impian mahasiswa PPKHB PJOK Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Lembata. Dengan bekal yang telah diperoleh selama perkuliahan, semoga berguna untuk profesinya secara khusus dan masyarakat, bangsa dan negara pada umumnya. Perjalanan seseorang tak semulus yang dipikirkan, namun akhirnya indah pada waktunya. Semangat para mahasiswa melangkah dengan penuh kagum dan percaya diri bahwa hari yang bersejarah ini telah dikukuhkan mendapat gelar sarjana pendidikan( S.Pd) dibidang olahraga dan kesehatan.( Paron Bolen/Mahasiswa PPKHB PJOK Kabupaten Flores Timur)




Comments

Popular posts from this blog

Potensi Wisata Kabupaten Flores Timur

Potensi Peningkatan Kualitas Pendidikan di Kabupaten Flores Timur